Masya Allah Inilah Kemuliaan Seorang Guru Dalam Pandangan Islam

Masya Allah Inilah Kemuliaan Seorang Guru Dalam Pandangan Islam

Ketika membicarakan suatu profesi yang paling dihormati dalam kehidupan ini bisa dikatakan guru adalah salah satunya. Guru memiliki kedudukan tertinggi di mata para peserta didik. Hingga, mereka akan lebih memuliakan seorang guru dan mencoba untuk menyenangkan hatinya. Selain agar mendapat nilai yang tinggi di sekolah tentunya, hal itu juga dilakukan untuk membangun kedekatan antara siswa dan guru.

Bagaimana kedudukan seorang guru dalam pandangan agama Islam ?

Allah SWT berfirman :

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadalah: 11).

Guru adalah orang yang berilmu. Dan orang yang berilmu itu memiliki kedudukan yang tinggi dalam Islam. Jadi memiliki ilmunya saja ia sudah memiliki kedudukan yang tinggi, apalagi yang dilakukan oleh guru, yakni mengamalkannya. Itu akan lebih meninggikan kembali posisinya dalam Islam.

Rasulullah SAW bersabda :

“Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Al-Qur'an dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari).

Dalam hal ini, Al-Qur'an berkedudukan sebagai ilmu. Ya, memanglah benar adanya bahwa Al-Qur'an adalah ilmu pengetahuan bagi kita. Segala hal yang ada di dalamnya mengandung semua unsur tentang kehidupan ini. Berbagai macam pengetahuan pun ada. Dan guru mempelajarinya lebih dalam melalui jenjang pendidikan. Dan kini, generasi sesudahnya lah yang melaksanakan pula pendidikan dengan digurui olehnya.

sumber : islampos.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masya Allah Inilah Kemuliaan Seorang Guru Dalam Pandangan Islam"

Post a Comment