Khasiat Surat Yasin dan Cara Mengamalkannya

Khasiat Surat Yasin
Khasiat Surat Yasin
Khasiat Surat Yasin dan Cara Mengamalkannya - Surat Yasin atau dalam (bahasa Arab:يس) adalah surah ke-36 didalam kitab suci umat Islam, yakni al-Qur'an. Surat Yasin terdiri dari 83 ayat dan juga termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Banyak yang bertanya mengenai khasiat surat Yasin ataupun manfaat dan keutamaan surat Yasin. Ternyata surat Yasin memiliki segudang manfaat dan khasiat luar biasa.

Dinamai dengan nama Ya Sin karena surah ini bermula dengan awalan dua abjad Arab "Ya Sin". Sebagaimana halnya arti tersembunyi huruf-huruf abjad Alif Lam Mim atau Nun yang terletak pada permulaan beberapa surah didalam al-Quran, dengan demikian pula arti "Ya Sin" yang termasuk dalam kategori ayat mutasyaabihat.

Surat Yasin diturunkan di Makkah melalui wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw. Seperti yang telah diketahui, surat-surat yang terdapat didalam al-Qur'an dibedakan menjadi dua, yaitu surat Madaniyah dan Makkiyah.

Berdasarkan jumlahnya, surat yang diturunkan di Madinah atau disebut surat Madaniyah lebih sedikit dibandingkan dengan yang turun di Makkah, atau Makkiyah. Ada sekitar 23 surat yang diturunkan di kota Madinah dan sisanya diturunkan di kota Makkah, yakni sekitar 91 surat.

Surat-surat yang Allah SWT turunkan di Makkah tidaklah diturunkan dalam waktu dua atau tiga hari. Nabi Muhammad Saw perlu mengumpulkan surat-surat tersebut hingga 12 tahun lebih 5 bulan dan 13 hari. Hal itu dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw hingga beliau mencapai usia 40 tahun.

Beberapa isi kandungan Surat Yasin ialah :

1. Kandungan Keimanan
- Keimanan akan Allah dengan mensucikan-Nya dengan sifat-sifat-Nya.
- Keimanan akan Alqur’an yang merupakan ilmu, kekuasaan dan rahmat Allah.
- Keimanan akan surga dan sifat-sipatnya.
- Keimanan akan hari akhir.

2. Kandungan Kisah-Kisah
- Kisah utusan-utusan nabi Isa a.s dengan penduduk anthakiyah.
- Salah satu ayat pada surat Yasin yang menjelaskan adanya bukti ilmu pengetahuan Astronomi, yakni semua bintang di cakrawala berjalan pada garis edarnya.

Setiap surat yang Allah SWT turunkan memiliki keutamaan yang terkandung didalamnya. Termasuk surat Yasin, keutamaan surat Yasin ini nantinya berhubungan dengan manfaat dan khasiat surat Yasin dalam kehidupan manusia itu sendiri. Berikut ini adalah penjelasannya :


Khasiat Surat Yasin dan Keutamaannya

  1. Bagi siapa yang membaca surat Yasin sebanyak satu kali maka sama dengan membaca al-Qur’an sampai selesai (Khatam) sebanyak sepuluh kali, dan bagi siapa yanng membiasakan membaca surat Yasin setiap malam sampai akhir hayatnya (mati), maka termasuk mati syahid.

  2. Jika dibaca ketika pagi hari, maka akan memperoleh kegembiraan hingga sore, dan jika dibaca di sore hari, maka akan memperoleh kegembiraan hingga pagi.

  3. Jika ada maksud ingin memperoleh keberhasilan, maka bacalah surat Yasin dari rumah sebanyak 25 kali, maka insyaAllah berhasil.

  4. Jika dibacakan untuk orang yang akan mati / meninggal dunia, maka tidak akan dicabut nyawanya selagi ia belum didatangi Malaikat Ridwan dengan maksud memberi kegembiraan kepada orang yang akan meninggal tersebut.

  5. Jika dibacakan pada mayat didalam kubur, maka diringankan siksanya.

  6. Jika dibacakan ke air minum, lalu diminum, sama dengan meminum seribu obat.

  7. Khasiat surat Yasin berikutnya ialah bisa dipergunakan sebagai pengobatan sakit panas. Caranya dibacakan sekali, setiap sampai pada lafadz "Mubiin" dengan mengikat benang sekali sampai tujuh kemudian diikatkan pada bahu kanan penderita yang sakit panas, insyaAllah akan sehat kembali.

  8. Dapat menjadi pelindung rumah kita, caranya :
    - Ambil Air Satu Ember Besar penuh.
    - Celupkan jari telunjuk kanan kedalam ember yang di isi air.
    - Membaca Shalawat Nabi sebanyak 3 kali.
    - Membaca surat Yasin sebanyak 7 kali, pada ayat ke 9 baca sebanyak 11 kali.
    - Membaca ayat Qursy sebanyak 99 kali.
    - Membaca ayat Qursy 1 kali, kemudian pada ayat terakhir baca sebanyak 100 kali.
    - Berdoa memohon kepada Allah SWT, agar air tersebut dapat bermanfaat untuk memagari rumah sehingga apabila ada makhluk ghoib fasik/ kafir akan binasa seketika itu juga. (Saat berdoa jari telunjuk kanan tetap didalam ember air).
    - Setelah berdo'a, percikan air ke sekitar area rumah.

  9. Bagi siapa yang membaca Surat Yasin diwaktu pagi hari, maka insyaAllah segala hajatnya pada hari itu akan dipenuhi.

  10. Sesungguhnya setiap sesuatu mempunyai hati dan hati Al-Quran itu ialah Surah Yassin.

  11. Siapa yang membaca surat Yasin semata mata karena Allah SWT, maka segala dosa-dosanya yang dahulu akan diampuni.

  12. Bagi siapa membaca surat Yasin maka ia akan diampuni, siapa saja yang membaca saat kelaparan maka akan dihilangkan kelaparannya, bagi siapa membacanya disaat tersesat maka akan menjumpai jalannya kembali, jika membacanya kepada orang yang menghadapi sakaratul maut maka akan dimudahkan baginya, dan jika seseorang membaca kepada perempuan yang sulit untuk melahirkan anak maka insyaAllah akan dimudahkan juga baginya.

  13. Maqri rahmatullah 'alaih berkata, "Jikalau Surah Yasin dibaca oleh seseorang yang takut pemerintah atau musuh, maka ia akan dihilangkan rasa ketakutan itu."

  14. Jikalau seseorang  membaca surat Yasin dan surah Was-Saffat pada hari jum'at dan memohon kepada Allah SWT sesuatu, insyaAllah doanya akan diterima.

  15. Malaikat Maut tidak mau memaksa mencabut nyawa orang yang suka membaca surat Yasin sehingga datang Malaikat Ridwan dari surga membawa minuman untuknya.

  16. Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda: "Siapa yang mengunjungi perkuburan lalu membaca surat Yasin, maka pada hari itu Allah SWT meringankan siksaan mereka dan bagi yang membacanya mendapat kebaikan sebanyak penghuni kubur di perkuburan itu."

  17. Membaca Yasin sebanyak 1 kali sama dengan 10 kali membaca al-Quran.

  18. "Segala sesuatu mempunyai jantung (hati), sedang jantung al-Quran adalah surat Yasin, dan siapa saja yang membaca surat Yasin Allah SWT mencatat bacaannya seperti bacaan al-Quran sepuluh kali." (Ad-Darimiy, At-Turmudzi dan Anas ra. dan Kanzul-Umal, Juz 112624)


Fadhilah Surat Yasin

Berikut ini beberapa fadhilah surat Yasin, diantaranya ialah :
  1. Dibacakan kepada orang yang sedang sakaratul maut, maka akan mempermudah keluarnya ruh.
  2. Membaca surah Yasin sama dengan membaca al-Quran sebanyak 10 kali.
  3. Memberi syafa'at bagi siapa saja yang membacanya.
  4. InsyaAllah akan dimudahkan segala hajatnya.
  5. Dapat Meringankan siksa kubur.
  6. Menolak kejahatan.
  7. Jika dibaca pada waktu malam jum’at akan mendapatkan ampunan.
  8. Jika belum menikah akan dimudahkan jodohnya.
  9. Saat sedang ketakutan, Allah SWT akan menghilangkan rasa takutnya.
  10. Jika dipenjara, niscaya akan bebas.
  11. Orang tersesat akan mendapat jalannya lagi.
  12. Ketika haus maka akan hilang hausnya.
  13. Ketika sakit maka akan hilang sakitnya.

Khasiat Surat Yasin Ayat 29, 36, 58, 76, 82

Khasiat Surat Yasin Ayat 29

إِن كَانَتۡ إِلَّا صَيۡحَةً۬ وَٲحِدَةً۬ فَإِذَا هُمۡ خَـٰمِدُونَ

Artinya:
"Tidak ada siksaan atas mereka melainkan satu teriakan suara saja; maka tiba-tiba mereka semuanya mati." (Yasin:29)

Khasiatnya ialah untuk mendiamkan orang yang selalu melempar kata-kata buruk/tidak menyenangkankepada anda.

Khasiat Surat Yasin Ayat 36

سُبۡحَـٰنَ ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلۡأَزۡوَٲجَ ڪُلَّهَا مِمَّا تُنۢبِتُ ٱلۡأَرۡضُ وَمِنۡ أَنفُسِهِمۡ وَمِمَّا لَا يَعۡلَمُونَ

Artinya:
"Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui." (Yasin:36)

Khasiatnya ialah sebagai doa pengasihan, caranya tiup 7 kali dalam tangan dan sapu ke muka pada pagi hari.

Khasiat Surat Yasin Ayat 58

سَلَـٰمٌ۬ قَوۡلاً۬ مِّن رَّبٍّ۬ رَّحِيمٍ۬ 

Artinya:
Kepada mereka dikatakan: "Salam, sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang." (Yasin:58)

Khasiatnya ialah jika sakit / hati merasa tak tenang, caranya baca 7 kali dan gosok pada tempat yang sakit.

Khasiat Surat Yasin Ayat 76

فَلَا يَحۡزُنكَ قَوۡلُهُمۡ‌ۘ إِنَّا نَعۡلَمُ مَا يُسِرُّونَ وَمَا يُعۡلِنُونَ

Artinya:
"Maka janganlah ucapan mereka menyedihkan kamu. Sesungguhnya Kami mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka nyatakan." (Yasin:76)

Khasiatnya ialah untuk menenangkan hati, caranya gosok jantung sambil membaca ayat ini.

Khasiat Surat Yasin Ayat 82

إِنَّمَآ أَمۡرُهُ ۥۤ إِذَآ أَرَادَ شَيۡـًٔا أَن يَقُولَ لَهُ ۥ كُن فَيَكُونُ 

Artinya:
"Sesungguhnya perintah-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadilah ia." (Yasin:82)

Khasiatnya ialah untuk mengobati kanker, caranya dengan shalat tahjud dilanjutkan dengan shalat hajat kemudia doa minta hajat. Dan baca ayat ini 100 kali dengan yakin. Amalkan selama 41 malam.

Sekianlah segudang manfaat dan khasiat surat Yasin yang semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Nah semua kembali lagi kepada niat kita. Semoga Allah SWT selalu memberikan pertolongan-Nya kepada kita semua agar kita semua selalu mendapatkan petunjuk serta kemudahan dalam berjuang dijalan-Nya. Aamiin ya Rabbal 'alamin

Rasulullah SAW bersabda :
“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya." (HR Muslim, 3509).

Wallahu a'lam bish-shawab

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Khasiat Surat Yasin dan Cara Mengamalkannya"

  1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    ReplyDelete
  2. I feel good after reading the Quran after namaz.office.com/setup

    ReplyDelete
  3. The name "Yasin" means "The Prophet Muhammad" and is of Arabic origin. Yasin is a name that's been used primarily by parents who are considering baby names for boys.
    office.com/setup

    ReplyDelete
  4. Sample assignment provides chcdiv002 assessment answers online to all the students across the globe.

    ReplyDelete
  5. Your blogs are always interesting. Thank you for sharing helpful content with us.
    chcdiv002 assessment answers
    Punjab Assignment help team offers best assignment help services with chcdiv002 assessment 2 answers. There are wide range of chcdiv002 resources which needs to be referred in order to prepare the answers for this unit

    https://punjabassignmenthelp.com/chcdiv002-assessment-answers-help/

    chcdiv002 assessment answers,chcdiv002 answers,chcdivoo2 assessment 2 answers

    ReplyDelete
  6. Great Information sharing .. I am very happy to read this article .. thanks for giving us go through info.I appreciate this post.

    chcdiv002 assessment answers

    ReplyDelete