Assabiqunal Awwalun dan Tekanan Kafir Quraisy

Assabiqunal Awwalun dan Tekanan Kafir Quraisy

Para Sahabat Yang Mula - Mula Masuk Islam

Seruan Nabi Muhammad SAW dalam menegakkan agama Allah kepada penduduk Makkah mendapat sambutan baik dari kalangan sahabat dan keluarganya.

Adapun mereka yang mula - mula memeluk islam antara lain :
  1. Khadijah binti Khualid, istri Nabi Muhammad dari golongan kaum wanita.
  2. Abu Bakar bin Abu Quhafah, kawan dekat Nabi Muhammad dari golongan laki - laki.
  3. Ali bin Abi Thalib, kemenakan Nabi Muhammad yang diasuhnya sejak kecil dari golongan anak - anak.
  4. Zaid bin Harits, hamba sahaya Nabi Muhammad yang dimerdekakan dari kalangan hamba sahaya.
Abu Bakar setelah menerima ajaran dari Nabi Muhammad mengajak kawan - kawan seperdagangannya untuk masuk Islam. Mereka menyambutnya dengan baik. Di antara mereka yang kemudian masuk Islam adalah Utsman bin Affan, Zubair bin Awwam, Sa'ad bin Abi Waqas, Thalhah bin Ubaidillah dan Abdul Rahman bin Auf.

Untuk pembinaan keimanan mereka, Nabi Muhammad mengambil tempat di rumah salah seorang sahabat yang bernama Al Arqam bin Abi-Al-Arqam dan tempat tersebut kemudian diberi nama Darul Arqam.

Dakwah Sir (sembunyi - sembunyi) berlangsung selama 3 tahun. Ketika itu Nabi Muhammad mendapat pengikut sebanyak 30 orang. Mereka mendapat sebutan Assabiqunal Awwalun, artinya orang yang pertama kali masuk Islam.

Nabi Muhammad menyampaikan ajaran Islam dengan penuh kebijaksanaan dan hikmah, sehingga semua pengikutnya semakin taat dan menekuni ajaran islam.

Orang - orang kafir yang tidak suka dengan ajaran Islam semakin membenci ajaran yang dibawa Nabi. Mereka merintangi disebarkannya ajaran Islam tersebut. Adapun tindakan - tindakan yang dilakukan oleh kaum kafir Quraisy antara lain dengan menyiksa para hamba sahaya dan orang - orang fakir miskin yang masuk Islam. Di antara orang - orang yang pernah disiksa adalah :
  1. Bilal bin Rabbah
  2. Yasir
  3. Amar bin Yasir
  4. Suamaiyah (istri Yasir)
  5. Khabbah bin Aris
  6. Ummu Ubais
  7. Zinnirah
  8. Abu Fukaihah
  9. Al Nadyah
  10. Amir bin Furaihah
  11. Hamamah bin Bilal
Tekanan Kafir Quraisy dan Assabiqunal Awwalun
Bilal bin Rabbah disiksa oleh Kaum Kafir Quraisy

Mereka menerima siksaan diluar perikemanusiaan dengan berbagai macam cara, misalnya dengan pukul - pukulan, cambukan, tidak diberi makan dan minum, dan lain - lain.

Bilal bin Rabbah di jemur di terik matahari dan di atasnya diberi batu besar. Sumaiyah (istri Yasir) ditusuk dengan lembing sampai terpanggang dan akhirnya meninggal dunia.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Assabiqunal Awwalun dan Tekanan Kafir Quraisy"