Empat Macam Racun Hati

Empat Macam Racun Hati

Tahukah anda, bahwa maksiat itu semuanya adalah racun, dan penyebab sakit dan binasanya hati. Ia merupakan "fitnah kalbu", yang keinginannya adalah kepada selain Allah SWT, disamping itu ia juga merupakan penyebab tambah parahnya penyakit hati.

Ibnul Mubarak berkata :

"Kulihat tumpukan dosa-dosa telah mematikan kalbu, Dan membiasakan berbuat dosa akan mewariskan kehinadinaan, sedangkan ia meninggalkan dosa dan kemaksiatan adalah hidupnya hati. Dan itulah dia yang terbaik bagi dirimu !"

Maka barangsiapa yang ingin hatinya selamat dan hidup, hendaklah ia menjauhkan diri dari empat macam racun itu. Hendaklah ia memelihara hatinya dengan cara tidak mendekati racun-racun yang baru, yaitu apabila ia ambil racun itu karena salah / lupa, ia segera bertaubat dan beristighfar memohon ampun serta disusul dengan mengerjakan amal-amal shaleh sebagai penghapus.

Adapun yang dimaksud dengan empat macam racun hati diatas adalah sebagai berikut :
  1. Perkataan / omongan yang tidak bermanfaat.
  2. Berlebih-lebihan dalam memandang.
  3. Makan banyak, berlebihan, dan tidak berfaedah.
  4. Pergaulan yang tidak selektif dan tiada berguna.
Simak Ulasannya : Perkataan Yang Tidak Bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Empat Macam Racun Hati"

  1. Assalamu alaikum.wr.wb..saya ibu dahayu member MBAH SERO
    angka yang di berikan MBAH SERO kemarin 4d SGP (2536) TGL 17 NOVEMBER 2016 tembus 100% syukur alhamdulillah dapat (280.juta) terima kasi banyak MBAH atas bantuannya saya sudah bisa melunasi hutag-hutang sama rentenir bahkan saya sudah buka usaha bagi teman-teman pecinta nomor togel 2d 3d 4d mau menang seperti saya hubungi MBAH SERO di nomor hp: 082_370_357_999

    ReplyDelete