Inilah Kriteria Pemimpin Dalam Islam

Inilah Kriteria Pemimpin Dalam Islam

Inilah Kriteria Pemimpin Dalam Islam | Pemimpin adalah seseorang yang dapat menginspirasi , dapat diteladani dan berperilaku baik. Dan tak bisa dipungkiri jika pemimpin merupakan sosok orang yang paling dipatuhi dan dihormati. Oleh karena itu menjadi pemimpin tidaklah mudah, banyak kriteria khusus yang harus dipenuhi sebelum ia berani untuk menjadi pemimpin. Namun kenyataannya banyak orang yang mengejar kedudukan ini tanpa ia melihat kondisi dan kemampuan dirinya sendiri "sudah pantaskah untuk memimpin ?". Alhasil banyak kekacauan yang kemungkinan bisa terjadi, semoga hal ini tidak terjadi disekitar kita.

Untuk mengetahui apa saja kriteria khusus dalam kepemimpinan, berikut 10 sifat - sifat terpuji yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin Islam yang diantaranya :

1. Istiqomah

Yaitu memiliki pendirian yang teguh dan diikuti dengan keperibadian yang mantap. Pendirian ini tercermin pada kata dan perbuatan, yaitu sesuatu yang diyakini dipertahankan sungguh - sungguh dengan tidak terombang - ambing oleh pengaruh apa pun.

2. Memelihara Diri

Introspeksi diri. Bila terjadi sesuatu kegagalan, diri sendiri diperhatikan terlebih dahulu sebelum menyalahkan orang lain.

Rasulullah SAW bersabda :

“Berbahagialah orang yang suka meneliti kelemahan dirinya dan tidak memiliki waktu untuk mencari kelemahan diri orang lain; dia bersedia memberi rezekinya yang lebih, serta bersedia mencegah kelebihan ucapannya.”

3. Bijaksana

Yaitu membuat perhitungan yang jauh sebelum bertindak. Langkah yang dipilih tidak menyinggung orang lain.

4. Tenang

Dengan ketenangan, pilihan yang diambil tidak mudah keliru. Orang - orang bawahan juga tidak hilang kepercayaan terhadap pemimpin.

5. Sabar

Maksudnya adalah kuat menahan diri agar tidak melakukan sesuatu yang tidak bijak. Dengan bersifat sabar seseorang bisa menang dalam banyak hal.

6. Tidak Takabur

Tidak membanggakan diri berlebihan - lebihan baik dengan perbuatan, perkataan atau sikap.

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Q.S Luqman ayat 18 :

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong), dan jangan pula engkau berjalan di bumi ini dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong lagi membanggakan diri.”

Allah SWT juga berfirman dalam Q.S Assyura ayat 215 :

“Hendaklah kamu bersikap lemah lembut terhadap orang - orang mukmin, mengikutimu.”

7. Tidak Ingkar Janji

Segala janji yang dibuat tentu harus ditunaikan. Kalau pemimpin ingkar janji, kepercayaan orang terhadapnya akan hilang.

8. Adil

Menempatkan sesuatu pada tempat yang semestinya dan memberi sama. Kewajiban, pembagian tugas, hukuman dan sebagainya, dilaksanakan dengan wajar.

Rasulullah SAW bersabda :

“Hati-hatilah kalian terhadap doa orang-orang yang teraniaya, sebab tidak ada tabir pemisah antara doanya dengan Allah, walau dia orang kafir sekalipun.”

9. Tabah

Mempunyai kemauan yang keras dan diikuti dengan usaha yang cukup, serta tidak cepat putus asa. Orang yang tabah memiliki kepribadian yang kuat.

10. Tawakal kepada Allah SWT

Pemimpin yang tawakal kepada Allah SWT, akan rela apa yang ditakdirkan oleh Allah baginya. Dia yakin akan kebijaksanaan Allah SWT. Dia menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah setelah berusaha sekuat mungkin.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S Al-Ma’idah ayat 100 :

“Katakanlah, tidak akan mengenai kami, kecuali apa yang telah ditetapkan Allah atas kami. Allah yang menguasai kami. Dan hanya kepada Allah hendaknya orang mukmin berserah diri.”

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Kriteria Pemimpin Dalam Islam"

Post a Comment