Kekejaman Kaum Kafir Quraisy Membuat Kaum Muslimin Hijrah ke Madinah

Kekejaman Kaum Kafir Quraisy Membuat Kaum Muslimin Hijrah ke Madinah


Mengatasi Ancaman

Kaum kafir Quraisy tidak pernah berhenti untuk mengancam dan menganiaya Nabi Muhammad SAW dan kaum muslimin. Segala cara digunakan agar Nabi menghentikan dakwahnya. Apa lagi setelah kaum muslimin hijrah ke negeri Ethiopia yang kedua kalinya, penganiayaan kafir Quraisy semakin menjadi - jadi. Seperti pemboikotan terhadap keluarga Nabi muhammad, Bani Hasyim.


Dengan pemboikotan itu, seluruh kaum muslimin terkurung di celah - celah kota Makkah bernama Syiib, selama tiga tahun. Pemboikotan yang sangat tidak manusiawi tu mengakibatkan kesengsaraan, kemiskinan dan kelaparan bagi Bani Hasyim dan Bani Muthalib.

Bukan hanya kepada Nabi Muhammad saja, kafir Quraisy mengancam dan menganiaya. Para sahabat pun mengalaminya, seperti Bilal bin Rabbah, Yasir, Amr bin Yasir, Sumaiyah (istri Yasir), Khabab bin Aris, Ummu Ubais, Zinnirah, Abu Fukaihah, Al-Nadyah, Amr bin Furairah serta Hamamah. Mereka menerima siksaan di luar perikemanusiaan dengan berbagai cara, misalnya dengan pukulan, cambukan, tidak diberi makan dan minum. Bilal dijemur terik matahari dan diatasnya diberi batu besar. Istri Yasir, Sumaiyah ditusuk dengan lembing sampai terpanggang.


Siksaan itu tidak hanya dialami oleh para hamba sahaya dan fakir miskin, tetapi juga di alami oleh Abu Bakar, Zubair bin Awwam. Abu Bakar dapat tertolong oleh bantuan Bani Taimiy.

Siksaan dan segala macam ancaman yang diterima Nabi dan kaum muslimin tidak melemahkan Nabi dalam menyebarkan agama Allah. Bahkan Nabi dengan dibantu para sahabat tambah giat untuk menyiarkan agama Islam.

Kepada para peziarah yang datang ke Makkah, Nabi Muhammad menyampaikan ajaran Islam, mengajaknya menyembah kepada Allah SWT. Banyak yang tertarik dan akhirnya menyatakan masuk agama Islam. Seperti peziarah dari Madinah yang terdiri dari suku Aus dan Khazraj.

Suku Aus dan Khazraj inilah yang memohon agar Nabi Muhammad dan kaum muslimin hijrah ke Madinah. Setelah mendapat perintah dari Allah SWT, dan untuk menyelamatkan kaum muslimin dari ancaman kaum kafir Quraisy, Nabi Muhammad beserta kaum muslimin hijrah ke Madinah.

Rencana - rencana jahat kafir Quraisy terhadap diri Nabi Muhammad dan kaum muslimin. diantaranya :

1. Nabi Muhammad dituduh juru penerang yang memecah belah

Kafir Quraisy memberikan perhatiannya kepada para peziarah yang datang ke Makkah, karena mereka melihat Nabi mulai mendapat perhatian dari para pezirarah itu. Kepada para peziarah, seorang kafir Quraisy yang bernama Walid bin Mughirah mengatakan bahwa apa yang di sampaikan Nabi Muhammad adalah hanya untuk memecah belah masyarakat.

Begitu juga dengan Nadzr bin Harith, seorang kafir Quraisy, ia mengatakan bahwa cerita - cerita yang disampaikan Nabi Muhammad tidak lebih baik dari nya. Nadzr berkata : "Bukankah Muhammad membacakan cerita - cerita orang dahulu seperti yang kubacakan juga ?".

2. Nabi Muhammad hendak dibunuh

Abu Jahal sangat memusuhi Nabi Muhammad SAW. Tatkala beliau sedang bersujud ketika shalat, datang Abu Jahal membawa batu yang besar untuk dijatuhkan ke kepala Nabi. Ketika ia mengangkat batu tersebut, tubuhnya gemetar dan takut, karena terlihat dihadapannya seekor unta yang sangat besar siap memakannya. Batu pun terjatuh menimpa dirinya dan selamatlah Nabi Muhammad dari percobaan pembunuhan

Di hari lain, Utbah bin Muit datang dengan kotoran yang sangat busuk baunya, ia melemparkan pada Nabi Muhammad yang sedang sujud dalam shalat. Para sahabat tidak berani membersihkan, datanglah Fatimah putri Rasulullah, membersihkan kotoran tersebut dari badan dan pakaian Nabi lalu beliau melanjutkan shalatnya.

Utbah bin Muit tidak puas dengan kejadian pertama, timbul niatnya untuk menghabisi nyawa Nabi, maka tatkala Nabi Muhammad sedang shalat, Utbah menjerat leher Nabi dengan sorbannya, tiba - tiba datanglah Abu Bakar menolong dengan memukul Utbah sehingga ia terjatuh.

3. Kaum muslimin dikucilkan dari masyarakat Makkah

Kaum muslimin mendapat pengucilan selama tiga tahun dari kaum Quraisy. Mereka tidak akan menikahi orang Islam, tidak akan menerima permintaan nikah dari orang Islam, tidak akan berjual beli apa saja dengan orang Islam, tidak akan berbicara dan tidak akan menengok orang Islam yang sakit, tidak akan mengantar mayat orang Islam ke kubur dan tidak akan menerima permintaan damai dengan orang Islam, sehingga mereka menyerahkan Muhammad untuk dibunuh.

Berikutnya : Awal Mula Kaum Muslimin Hijrah ke Madinah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kekejaman Kaum Kafir Quraisy Membuat Kaum Muslimin Hijrah ke Madinah "

Post a Comment