Negeri Arab dan Daerah Sekitarnya

Letak Jazirah Arab

Arab artinya sahara, dikatakan jazirah arab karena arab merupakan semenanjung yang terdiri dari gurun sahara yang sangat luas.

Jazirah Arab terletak di bagian barat benua Asia, yang sekarang terkenal dengan sebutan negara Saudi Arabia, dengan ibukota nya Riyadh.

Di Jazirah terdapat dua kota terkenal yaitu Makkah dan Madinah, yang merupakan kota pertama tumbuh dan berkembangnya agama islam di dunia dan termasuk di Indonesia.

Daerah Jazirah Arab merupakan semenanjung yang mempunyai luas kurang lebih 1.544.000 km2 .

Negeri Arab dan Daerah Sekitarnya

Jazirah Arab bagian utara dibatasi oleh negeri Palestina, Syam dan Irak, sedangkan timur dengan laut Teluk Persi dan Oman, sebelah selatan dengan Teluk Aden, sebelah barat dengan Laut Merah.

Jazirah Arab terdiri dari bagian tengah dan tepi. Bagian tengah terdiri dari tanah pegunungan yang jarang terkena hujan. Penduduknya sedikit dan sebagian besar hidup sebagai pengembara yang selalu berpindah - pindah. Mereka mencari padang - padang rumput untuk penggembalaan ternak - ternaknya. Bagian tengah ini terdiri dari dua bagian, bagian utara disebut Najed dan bagian selatan disebut Al-Ahqaf.

Bagian Arab tepi terdiri dari bagian yang datar dan terdapat banyak hujan. Penduduknya mendirikan kota - kota dan kerajaan - kerajaan serta mempunyai bermacam kebudayaan


Daerah - Daerah Penting di Sekitar Arab

Daerah - daerah di sekitar Jazirah Arab sering disebut dengan sebutan Timur Tengah, dengan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar dan hanya didiami oleh satu suku bangsa yaitu bangsa Arab.
Daerah - daerah penting di sekitar Arab antara lain :
  1. Sebelah utara terdapat negeri Suriah, Yordania, Kuwait, Iran dan Irak. Daerah ini terkenal dengan kesuburan tanahnya dan kekayaan sumber minyak.
  2. Sebelah selatan terdapat negeri Yaman Utara, Yaman Selatan dan Oman. Daerah ini terkenal dengan pantai dan kesuburan tanahnya.
  3. Sebelah barat terdapat negeri Mesir. Negeri ini terkenal dengan sungai Nil nya, Universitas Al-azhar dan Piramida.
  4. Sebelah Timur terdapat negara persatuan Emirat Arab, yang terdiri dari kerajaan Bahrain, Dubai, Abu Dhabi dan Qatar. Daerah - daerah ini terkenal dengan hasil minyaknya.







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Negeri Arab dan Daerah Sekitarnya"

Post a Comment