Bentuk - Bentuk Kepercayaan Bangsa Arab

Bentuk - Bentuk Kepercayaan Bangsa Arab


Kepercayaan bangsa Arab

Pada mulanya bangsa Arab mengikuti ajaran Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Pergaulan mereka dengan bangsa lain mempengaruhi kepercayaan mereka, sehingga mereka menyembah berhala yang dibawa oleh Amr bin Luay Khuzai. Di antara berhala yang besar adalah Lata yang terdapat di kota Thaif, berhala Uzza yang terdapat di Hijaz dan berhala Manah terdapat di kota Yastrib (Madinah) serta terdapat juga berhala - berhala besar di sekeliling Ka'bah.

Selain menyembah berhala, ada juga yang menyembah malaikat, jin, binatang, matahari dan lain sebagainya. Di antara bangsa Arab ada juga yang menganut agama Nasrani dan Yahudi dan ada pula yang masih menganut agama Nabi Ibrahim.


Jenis - jenis pemujaan

Beberapa bentuk pemujaan yang di anut oleh bangsa Arab sebelum datangnya Islam antara lain :
  1. Menyembah malaikat.
    Di antara bangsa Arab ada yang menyembah dan menuhankan malaikat. Malah ada sebagian bangsa Arab yang menganggap malaikat adalah putri -putri Tuhan
  2. Menyembah jin, ruh dan hantu.
    Sebagian bangsa Arab ada yang menyembah jin dan ruh - ruh leluhur mereka atau menganggap hantu - hantu sebagai makhluk yang terhormat. Bahkan ada suatu tempat jin yang terkenal dengan nama "Darahim". Mereka selalu mengorbankan binatang - binatang di tempat itu agar selamat dari berbagai bencana.
  3. Menyembah bintang - bintang.
    Yang dimaksud bintang - bintang adalah matahari, bulan dan bintang - bintang yang gemerlapan cahayanya pada malam hari. Mereka menyembah bintang - bintang karena menganggap bintang - bintang tersebut diberikan kekuasaan penuh oleh Tuhan untuk mengatur alam ini.
  4. Menyembah berhala.
    Sebagian bangsa Arab menyembah berhala - berhala atau arca - arca yang terbuat dari batu dan logam. Menurut riwayat, penyebab orang Arab menyembah berhala adalah Amr bin Lubayyi seorang dari Khuza'ah meniru orang - orang Balka di daerah Syam dan ia tertarik akan perbuatan itu. Maka sewaktu kembali ke Makkah ia membawa patung Hubal dan ditempatkan di dekat Ka'bah dan kemudian disembahnya serta ia menganjurkan agar masyarakat Arab untuk menyembah berhala tersebut.
  5. Agama Yahudi dan Nasrani (Kristen).
    Agama yahudi mulai masuk ke Jazirah Arab tahun 1491 SM. Mula - mula di tanah Mesir pada zaman Nabi Musa as. Sedangkan agama Nasrani masuk ke Jazirah Arab kira - kira abad ke- 4 M. Agama Nasrani berkembang di Jazirah Arab karena mendapat bantuan dari kerajaan Romawi dan Habsyi.
Pada saat menjelang kelahiran agama islam, tumbuh kelompok dari kalangan bangsa Arab yang ingin melepaskan diri dari kepercayaan yang sesat itu. Mereka berusaha mengembalikan kepercayaan kepada agam Tauhid, dengan mengajarkan agama Nabi Ibrahim as. Tokoh - tokoh dari kelompok tersebut antara lain Waroqah bin Naufal, Umaiyah bin Abi Ashshalt dan Qus Saidah.

Sesungguhnya penyiaran agama Nasrani dan Yahudi merupakan pembuka jalan bagi kelahiran pemimpin besar umat yang sangat ditunggu - tunggu, yaitu Nabi Muhammad SAW.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bentuk - Bentuk Kepercayaan Bangsa Arab"

Post a Comment